Senin, 15 September 2008

Knowledge Management ...???

Knowldege management cukup ditelusuri dalam mata kuliah MIS,, sebenrnya apaan sih itu KM (Knowledge Management) ...?

Knowledge Management merupakan suatu paradigma pengelolaan informasi yang berasal dari pemikiran bahwa pengetahuan yang murni sebenarnya tertanam dalam benak dan pikiran setiap manusia. Maka dari itu perlu dibangun suatu mekanisme penyebaran informasi dan peng
alaman dari sumber daya manuisa yang ada agar terjadi peningkatan pengetahuan dari masing-masing pelaku kegiatan di dalam suatu organisasi.

Knowledege management sering dihubungkan ke dalam dunia IT maupun IS, karena Informasi pengetahuan itu perlu didukung oleh sistem yang berbasis pada komputer dan teknologi agar lebih terintegrasi dan efisien dalam mentransfernya. Contohnya saja bebrapa perusahaan besar menerapkan metode-metode KM dalam sistem pengelolaan informasi di perusahaannya.

Dalam tugas mata kuliah MIS saya, saya mencari perusahaan yang menerapkan KM di dalamnya. Saya menemukan di artikel, perusahaan Coca-Cola Company menerapkan KM di bidang marketing dan advertising untuk produknya. Perusahaan tersebut juga mengelola secara terintegrasi sistem manajemen arsip dari berbagai informasi. Perusahaan itu juga membuat pola manajemen aset yang berbasis digital. Perusahaan itu bekerjasama dengan IBM untuk menerpakan sistem KM (Knowledege management) di perusahaannya.



Berikut Link artikel tersebut :

http://findarticles.com/p/articles/mi_m0EIN/is_2001_Dec_10/ai_80677085




4 komentar:

Yudianto S mengatakan...

Keren artikelnya. Setuju Banget masalah penerapan KM di suatu organisasi perusahaan. Dengan Implementasinya maka perusahaan bisa mengolah asset yang betul-betul diperlukan perusahaan. Semoga semua perusahaan di Indonesia bisa mengimplementasikannya.. Bravoo..

Anonim mengatakan...

alamat blogspot yang bagus.
sesuai orangnya, hehehe
artikel nya jg bagus.
isinya menjelaskan KM di perusahaan

fajri-ramdhan mengatakan...

artikel nt bagus sal...

ditambah lg pake kata2 khas nt...hehe

keep posting y

Anonim mengatakan...

wahahaha, alamatnya mengundang tawa, bagus lha, daripada mengundang nafsu,hehehehe...

Hmmm, dimana2, KM selalu punya track record yg bagus dlam penerapan di perusahaan, padahal banyak bgt referensi dari luar, kenapa Indonesia g bisa menerapkan seperti ini yak?? Tanya Kenapa???

Semangat foto, shal...